Beranda | Artikel
Jumlah Rakaat Shalat Malam
Senin, 21 Mei 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Jumlah Rakaat Shalat Malam adalah ceramah agama Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A. Ceramah agama ini membahas buku “Panduan Amal Sehari Semalam” yang berisi amalan-amalan yang semestinya dilakukan oleh seorang muslim dalam kesehariannya. Kajian ini disampaikan pada 7 Sya’ban 1439 H / 24 April 2018 M.

Ceramah agama tentang Jumlah Rakaat Shalat Malam – Panduan Amal Sehari Semalam

Kita masih membicarakan tentang shalat malam. Salah satu amalan yang tidak boleh kita lewatkan. Pada pertemuan sebelumnya kita telah menyebutkan bilangan rakaat shalat malam. Kita juga membicarakan perbedaan khilaf diantara para ulama dalam masalah ini. Meskipun jumhur ulama lebih condong kepada pendapat yang mengatakan tidak ada batas maksimum dari shalat malam ini. Minimal satu rakaat yaitu witir. Maksimal tidak ada batasannya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam secara qouli tidak pernah membatasinya. Bahkan ketika beliau ditanya tentang shalat malam, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan bahwa shalat malam dua rakaat dua rakaat tanpa menyebutkan pembatasan jumlah bilangan rakaatnya. Apabila ada batasannya, pasti beliau menyebutkannya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya mengenai shalat malam, beliau menjawab,

صَلاَةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى ، فَإِذَا خَشِىَ أَحَدُكُمُ الصُّبْحَ صَلَّى رَكْعَةً وَاحِدَةً ، تُوتِرُ لَهُ مَا قَدْ صَلَّى

Shalat malam itu dua raka’at-dua raka’at. Jika salah seorang di antara kalian takut masuk waktu shubuh, maka kerjakanlah satu raka’at. Dengan itu berarti kalian menutup shalat tadi dengan witir.” (HR. Bukhari no. 990 dan Muslim no. 749, dari Ibnu ‘Umar.)

Yang paling utama adalah mengikuti seperti apa yang dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam. Yaitu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengerjakan dengan bacaan yang panjang. Dan apabila kita mengikuti shalat malam Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan cara seperti itu, mungkin bilangan rakaatnya sama dengan yang dicapai oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Terkadang beliau shallallahu ‘alaihi wa salam mengerjakannya sebelas rakaat dan terkadang tiga belas rakaat. Bagi yang tidak mampu membaca panjang-panjang karena mungkin hafalannya sedikit, dia boleh memperbanyak rakaatnya. Demikianlah penjelasan Ibnu Taimiyah.

Yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah kita tidak perlu bertengkar atau berdebat karena ini adalah khilaf yang sudah dikenal dikalangan ulama ahlussunnah wal jama’ah. Tidak perlu kita saling bersitegang urat leher, tidak perlu kita saling merendahkan, tidak perlu saling mencela karena masalah ini.

Kita pesankan kepada orang yang memegang pendapat sebelas rekaat, lakukanlah seperti yang Allah lakukan. Yaitu dengan bacaan yang panjang. Jika dengan bacaan yang pendek, tentu faedah shalat malam itu kurang kita rasakan. Mungkin dalam waktu beberapa menit saja bisa menyelesaikannya.

Selanjutnya adalah adab-adab shalat malam. Hal ini seperti amal-amal yang lainnya. Ada adab-adab yang harus diperhatikan.

Pertama, hendaknya kita memasang niat untuk mengerjakan shalat malam pada waktu hendak tidur. Maksudnya adalah kita meniatkan tidur kita untuk menambah kekuatan dalam berbuat ketaatan. Supaya kita dapat pahala dari tidur kita.

Simak penjelasan lengkapnya dan download MP3 ceramah agama tentang Jumlah Rakaat Shalat Malam – Panduan Amal Sehari Semalam

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/31206-jumlah-rakaat-shalat-malam/